Review LEGO Star Wars 75300 Imperial Tie Fighter


 
 

Ulasan LEGO Star Wars 75300 Imperial Tie Fighter

LEGO Star Wars merupakan salah satu tema LEGO yang paling populer dan sering dibeli oleh para penggemar LEGO dan hobbyist LEGO di seluruh dunia. Tema Star Wars yang dimiliki oleh Disney ini termasuk penyumbang pemasukan terbesar bagi Perusahaan LEGO (the LEGO Group). Oleh karena itu the LEGO Group akan terus merilis set baru dari tema Star Wars. Dan pada kali ini kita akan mengulas LEGO Star Wars 75300 beserta LEGO minifigure pada set ini.

Hanya masalahnya, set yang dirilis setiap tahun cukup banyak dan film atau animasi Star Wars baru tidak banyak. Oleh karena itu the LEGO Group sering merilis ulang set Star Wars yang sebelumnya sudah pernah diproduksi. Terdapat beragam versi mainan LEGO Tie Fighter yang dibuat oleh the LEGO Group dalam berbagai model dan ukuran. Untuk set Star Wars dengan nama Imperial Tie Fighter ini sendiri telah dirilis sebelumnya pada tahun 2018.

 
 

Mengapa Yang Diulas Set Imperial Tie Fighter?

Pengarang sendiri tidak memiliki banyak set Star Wars. Biasanya yang dimiliki hanyalah set Star Wars Battlepack saja atau set kecil hingga sedang saja. Pengarang berpikir untuk memiliki set ikonik dari film Star Wars seperti halnya AT-AT, Tie Fighter atau X-Wing. Oleh karena itu saat promo Blibli Pesta Gajian pada September 2021 yang lalu, pembeli akhirnya berkesempatan mendapatkan LEGO Star Wars 75300 Imperial Tie Fighter dengan harga yang sangat kompetitif. Setelah memperoleh set ini, maka pengarang mulai merakitnya.

Ulasan kali ini juga akan menjadi berbeda dari biasanya dikarenakan pengarang belum pernah mengulas mainan LEGO Star Wars sebelumnya sehingga ini akan menjadi ulasan pertama yang dapat mewakili para penggemar LEGO lainnya yang tertarik juga dengan set tema Star Wars tapi belum mengoleksinya.

LEGO Minifigure Star Wars 75300

Pada set LEGO 75300 ini kita akan mendapatkan sebanyak tiga LEGO minifigure yaitu Stormtrooper, NI-L8 Protocol Droid, dan Imperial Tie Fighter Pilot. Untuk Protocol Droid dan Imperial Tie Fighter Pilot hanya bisa didapatkan dari set ini (pada saat ulasan ini dibuat). Tentunya para kolektor LEGO Minifigure Star Wars telah menyadarinya.

 
 

Untuk minifigure dari Stormtrooper ini yang menggunakan dual moulded helmet, pada awalnya minifigure ini hanya bisa didapatkan dari set ini, akan tetapi minifigure Stormtrooper ini sekarang juga bisa didapatkan dari set mainan LEGO Star Wars Advent Calendar 2021. Minifigure ini juga dilengkapi dengan rifle blaster.

Untuk Protocol Droid, pada awalnya pengarang agak bingung mengapa Droid ini memiliki mata besar dan bentuk wajah seperti serangga. Setelah melakukan browsing pada internet, ternyata NI-L8 Protocol Droid yang dikenal juga sebagai Droid tipe Ra-7 ini memiliki photoreceptor berukuran besar sehingga penglihatannya sangat tajam dan cocok untuk dilengkapi dengan senjata blaster. Selain itu sifat karakter dari droid ini juga sangat menyebalkan sehingga Droid tipe ini sering digunakan sebagai mata-mata. Tidak heran minifigure ini digunakan oleh pihak Imperial untuk keperluan militer. Minifigure Droid ini memiliki torso dan kaki yang diprint dengan sangat mendetail pada sisi depan dan belakangnya yang membuat tampilannya cukup menarik.

 
 

Untuk LEGO Minifigure Tie Fighter Pilot, pada helm, torso dan kakinya terdapat printing yang sangat mendetail. Pengarang merasa print dari pilot dan robot droid lebih mendetail dari stormtrooper. Dengan seragam warna hitam dan cetakan mendetail yang kontras membuat tampilan dari minifigure pilot dan droid sangat menarik dan layak untuk dikoleksi. Sang pilot dilengkapi dengan pistol blaster yang mungkin dibutuhkannya apabila pesawatnya jatuh dan terdampar pada daerah musuh.

 
 

Pada sisi belakang hanya bagian torso yang masih memiliki printing. Dan yang paling detail hanyalah pada droid. Sedangkan pada Stormtrooper dan Tie Fighter Pilot hanya ada ceakan yang kurang mendetail. Sedangkan ketiga minifigure Star Wars ini tidak memiliki kaki yang diprinting.

Ulasan Pesawat LEGO Star Wars 75300

Menurut pengarang, ukuran pesawat set LEGO Imperial Tie Fighter ini cukup besar dan dapat dimasuki sang pilot. Hanya bagian dalamnya sangat pas-pasan. Pada awalnya pengarang berpikir apabila minifigurenya memegang blaster kemungkinan kokpit tidak dapat ditutup, tapi kenyataannya tidak bermasalah dan kokpit dapat ditutup dengan rapat. Hanya saja karena sang pilot hanya didudukan saja dan tidak dipasangkan pada stud, apabila pesawat dimainkan anak kecil, maka sang pilot akan lepas dari tempat duduknya.

Set ini memiliki dua bagian yang diprint yaitu pada bagian kaca kokpit dan akses masuk pada bagian atas.

 
 

Selain pada set LEGO Junior atau 4+, LEGO Tie Fighter ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan Tie Fighter dari seri-seri sebelumnya. Hal ini disebabkan karena perusahaan LEGO hendak memperkenalkan set tema Star Wars dengan harga terjangkau. Oleh karena itu Perusahaan LEGO mulai memproduksi set tema ini yang lebih ekonomis dan untuk menekan harga maka diperlukan pengurangan pada jumlah komponen LEGO yang digunakan sehingga ukuran pesawat Tie Fighter ini menjadi lebih kecil dari set-set sebelumnya.

 
 

Walau demikian, pengarang tetap merasa versi Imperial Tie Fighter ini lebih sesuai dengan skala apabila dibandingkan dengan skala minifigure karena terlihat sesuai dengan di film dibandingkan set-set sebelumnya. Akan tetapi ramai menjadi perbincangan apakah set LEGO Star Wars 75300 ini atau set 75211 keluaran tahun 2018 yang terlihat ukurannya lebih sesuai dengan skala seperti pada film.

Untuk melihat sisi samping dan belakang dari set ini, silahkan melihat pada foto di bagian bawah.

Seperti halnya pada set Star Wars pada umumnya, untuk pesawat ini dilengkapi dengan batang panjang warna hijau yang bisa dilontarkan dengan pegas. Batang hijau ini melambangkan tembakan laser dari Tie Fighter.

Set mainan LEGO Star Wars selalu menjadi salah satu tema paling populer. Tentunya set ini juga akan menambah koleksi anda yang mengoleksi tema Star Wars ataupun yang belum pernah mengoleksinya seperti pengarang.

Apa komentar anda atas set ini? Tinggalkan komentar anda pada kolom di bagian bawah.

Previous
Previous

Promo LEGO November Blibli

Next
Next

Set Baru LEGO IDEAS Home Alone 21330